Kaca Mata

07.54 Edit This 0 Comments »

Suatu hari disekolah anakku,aku di panggil wali kelas,kaget plus deg2an,apa ada masalah dengan anakku??apa nakal? bertanya-tanya di dalam hati..
Akhirnya percakapan di mulai:
Aku : Ass. bu..ada apa ya..??
Wali Kelas : Mama olive punten olive kan duduk di belakang,ko penglihatannya kurang ya,soalnya di suruh baca ga kelihatan katanya..
Aku : (jantungku berdebar kencang)..Oya.,sekalian lah aku curhat memang olive tuh seminggu ini kalo ngerjain matematika suka salah nulis aja yang harusnya angka 6 olive 0,harusnya angka 7 olive angka 1,apa karena silau ya bu ??/
Wali kelas : Bisa juga mama olive,tapi..saya takut,soalnya kejadian yang tahun kemarin anak didik saya duduk di belakang ga kelihatan juga,tau2 udah -5 hrs pake kacamata,saya menyarankan olive di periksa biarin ga usah sekolah dulu,mudah2an sih ga olive mah..
Aku : (bingung,perasaan campur aduk..) iya deh bu nanti saya coba periksa insyaallh besok saya izin ga masuk..makasih ya bu,doain mudah2an olive ga ada masalah dengan penglihatannya..nuhun..nuhun..
Wali Kelas : o iya silakan ..mudah2an ga da apa2..

Hari itu mungkin hari yang sial bagiku,serasa dapet musibah gitu,aku kaya orang linglung..hilang gairah,males...Keesokan harinya aku dan suami dan anakku datang ke rs,ehh salah jadwal,3hari kemudian dateng lagi eh..salah jadwal juga.Kesabaran ku ada batasnya,komplen lah aku ma suami,tapi akhirnya bisa di atasi memang kesalahan ada di pihak rumah sakit.
Seminggu kemudian,aku datang kembali berdua dengan anakku ke rs,alhmdulillah pas jadwal nya,deg2an,takut,perasaan ga karuan,tp aku sembunyikan semua perasaan itu di depan anakku.
Aku harus ceria,semangat,melihat anakku yang polos dengan perasaan was was juga,mama takut..Aku bilang ga apa2 de,cuma di pegang2 aja matanya,trus kalau di suruh baca mau ya..
iya ..mama cantix katanya,sambil ku ciumi pipinya dan ku peluk erat,dede kan pinter...

Suster memanggil Olivia Putri...bismillah aku bilang,..wah makin ga karuan nih perasaan,lutut bergetar,sambil ter bata2 nanya ke dokternya,.
Aku : Dok gimana,harus pake kacamata ya..
Dokter : Iya bu,anknya -2 silindris 1..
Aku : Apa???(jantungku berdetak makin keras),astaghfirullah..Dok saya khawatir pake kacamata,apa ga ada jalan yang lain,gimana kalo sama obat dulu..
Dokter : (sambil emosi ) Bu..menjelaskan tentang mata...Mata sehat adalah mata yang bisa melihat seluruh yang ada,mata sehat ..bla..bla..bla..Menjelaskan dari A-Z..
Aku : Akhirnya aku mengerti,betapa butuhnya anakku kaca mata itu..
Dokter : Ini bu resep kacamata dan obatnya..
Aku : Sambil kebingungan,aku pergi makasih ya dok..

Aku harus kuat,semangat..tapi aku bingung bagaimana cara menyampaikan semua ini sama anakku,sementara di lubuk hatiku aku ga menerima kalau anaku harus memakai kaca mata,kasihan masih kecil,tapi di sisi lain anakku membutuhkannya,ya allah hilang semua semangatku saat itu,aku pulang dengan lunglai,menutupi perasaan kalut di depan anakku.
Ya allah apa salah dan dosa ku,aku terus meratapinya,sehari,2 hari,3hari,apa aku harus begini terus..???Tidakkk..Aku ga kuat,3 hari aku menangis terus kalau inget masalah ini,aduh pake kaca mata bikin tua,pikiranku kacamatanya tebel,waduh meringis hatiku,belum lagi teman2ku memvonis kalau mata silindris ga bisa di sembuhkan,bla..bla..bla...Tidak ada yang menyemangatiku,terkecuali suamiku,dia yang menguatkan aku,ngasih semangat,ngasih nasehat,thanx ya papz..

Dengan semangat baru aku bangkit,ku tutup telingaku dari opini2 orang yang membuatku menjadi down,aku mulai mencari artikel2 yang berhubungan dengan kacamata di internet,aku sharing dengan teman2ku.Aku mengajak anakku jalan2 mencari anak2 yang pake kacamata,ternyata banyak ya ma segede olive yang pake kacamata..kata anakku.Disetiap waktu dan kesempatan aku mulai menjelaskan tentang kacamata,kegunaannya dll..Dan aku pun mulai memesan kacamata yang sesuai resep dari dokter,alhamdulillah selang sehari dah jadi deh..Ternyata lucu2 juga ya modelnya,trendy..emhh jauh bgt dari pikiranku..huh..

Tugas berat lagi neh,anakku tidak mau memakai kacamata..???? whats ??sabar...sabar..
Setiap detik,setiap menit,setiap jam,aku perkenalkan anakku dengan kacamatanya,sini ..sini de mama mau cerita..
olive : cerita apa ma (sambil tidur2an..)???
mama : mama punya temen,dari sd,smp,sma,cantik bgt,putih,namanya efi,dia pake kacamata lo dari segede olive,lucu bgt..dia pinter lo..kutu buku..
olive : iya gitu mah,sekarang dimana,dah nikah blon,dah punya anak belon??(menyerang dengan pertanyaan2..sambil penasaran),trus2..gman
Mama : iya de,makanya olive harus mau pake kacamata,biar cantik kaya temen mama,tau ga knapa olive harus pake kacamata??
Olive : ga tau ma,pokonya olive ga mau pake kaca mata..
Mama : sini de..olive kan kalo di sekolah duduknya di belakang ga kliatan,nahh..itu mata olive ada masalah,karena olive ga bisa melihat dari jarak jauh..
Olive : Kenapa ya ma olive ga bisa lihat...(sambil manyun..) ??/
Mama : emh,,,..(mikir,muter neh otakku..), emhh ..karena olive terlalu sering maen komputer,terlalu banyak baca sambil tidur2an,nonton tv nya deket aja..(emh kehabisan alasan neh)..Sini mama peluk de,mama sedih lo kalo olive ga pake kacamata,mama kan udah beli masa ga di pake,trus kasian donk kacamatanya ntar nangis ga di pake ma olive,sini mama jelasin ..
(sambil megang kacamata) ini temen baru olive,namanya siapa ya..olive punya sahabat baru ..
Olive : Masa temenan sama kacamata sih mama..???
Mama : Tau ga de,kacamata tuh membantu setiap orang yang bermasalah dengan matanya,jadi sangat berguna banget,kan sesama teman harus saling membantu,jadi kacamata ini temen olive juga,siapa dong namanya,unga?uli?uni?Ungi? hahahha ..
Olive : ma..Ungi aja hahhaha..(ketawa terbahak-bahak..) kan warnanya ungu jadi namanya ungi ma..
Mama : bagus juga ya,sini mama ajarin cara bukanya begini ya Ungi punya rumah de ini rumahnya,neh kalo mau di pake di lap dulu..ih cantik dede..(buru2 ngelepasin),trus kalo udah pake masukin ke rumah ungi nya begini ..
Olive : ihh mama cantik bisaan ya,sambil nyiumin pipiku...
Mama : mama siapa dulu donk..(sambil berpelukan..)

Sehari,2hari,3 hari..tetep aja tidak mau pake anakku,setiap membahas Ungi selalu mengalihkan pembicaraan,astagfirullah..banyak2 istighfar,harus bersabar..sampe2 aku kehabisan kata2,ide harus bagaimana lagi.Akhirnya aku sharing di sekolah PSPA,ada temen2 ku di sana yang memberi saran,makasih ya teh meti,sekolah PSPA,aku semangat lagi nih,insyaallh akan ku coba lagi,memang tidak boleh memaksakan anak untuk memakai kacamata,nanti anak juga akan mengerti betapa perlunya kacamata itu,betapa besar fungsinya.
Tidak bosan2nya aku dan suamiku memberikan penjelasan pada anakku,dengan senyuman,kasih sayang,pelukan,reward...ya segala cara di lakukan untuk menarik perhatiannya.

Hari2 dilalui,akhirnya ..
Olive : Ma mau pake Ungi ,mau nyobain ah..
Mama : alhamdulillah..ihh tau ga olive cantik lo pake ungi,..Tau ga de kalo orang yang pake ungi tuh biasanya anak pintar,..olive kan suka baca
Olive : olive malu takut di sirikin sama di ktawain ama temen2..
Mama : ga ada yang ngetawain,mereka juga mau tuh pake Ungi,gaya tau ol,trus olive kan kalo di sekolah ga usah ke depan lagi,soalnya duduk pake ungi pasti kelihatan..Yu ke warung yu mo jajan pake Unginya..
Olive : ga mau ,,malu..
Mama : ga pa pa ol,yu..emh banyak yang nanya olive tuh,banyak yang bilang cantik..tuh kan..
Olive : iya ya ma,olive mo pake terus ya ma..
Mama : Alhamdulillah

Semuanya perlu kesabaran,dan ternyata memang tidak ada yang salah,tidak perlu menyalahkan TV,komputer,ataupun buku karena keseringan membaca,apalagi menyalahkan diri sendiri..
Semuanya perlu proses,meskipun terkadang anakku buka tutup memakai unginya,biarkanlah anaku beradaptasi dengan suasana barunya,tentu dengan dorongan dan semangat dari mama dan papanya.Aku yakin suatu saat nanti anakku mengerti betapa pentingnya sahabat barunya itu..insyaallah .
Terima kasih Ya allah,Engkau telah membukakan pintu hati anakku,Engkau telah memberikan kesabaran kepadaku,hingga saatnya tiba engkau pula yang mengizinkan,alhamdulillah..inilah buah doa2 ku slama ini,Semoga engkau selalu memberikan perlindungan kepada keluargaku,
Amin.







0 komentar: